Saturday, May 23, 2015

Resep Mendidik Anak

Resep mendidik anak

Resep Mendidik Anak | Anak adalah permata hati di setiap keluarga. Kehadiran anak dalam keluarga konon katanya mampu menambah keberkahan dan keharmonisan dalam keluarga tersebut. Namun tidak jarang kesibukan para orang tua sering menjadikan anak sebagai korban metropolitan. Ancaman bahaya narkoba, pergaulan bebas dan minuman keras seakan selalu mengiringi perkembangan sang anak.

Oleh karena itu, mungkin 5 resep mendidik anak dibawah ini bisa dijadikan tambahan bagi sobat dalam menjadikan putra dan putri sobat menjadi generasi penerus bangsa yang tidak hanya pintar, namun juga memiliki akhlak yang mulia.

1. Jika anak sobat menangis, jangan membuang waktu hanya untuk mendiamkannya. Coba tunjuk burung atau awan di atas langit agar ia melihatnya, ia akan terdiam. Karena psikologis manusia saat menangis, adalah menunduk.

2. Jika ingin anak sobat berhenti bermain, jangan berkata: "Ayo, sudah mainnya, stop sekarang!". Tapi katakan kepada mereka: "Mainnya 5 menit lagi yaa". Kemudian ingatkan kembali: "Dua menit lagi yaaa". Kemudian barulah katakan: "Ayo, waktu main sudah habis". Mereka akan berhenti bermain.

3. Jika sobat berada di hadapan sekumpulan anak-anak dalam sebuah tempat, yang mereka berisik dan gaduh, dan sobat ingin memperingatkan mereka, maka katakanlah: "Ayoo.. Siapa yang mau mendengar cerita om/tante, angkat tangannya..". Salah seorang akan mengangkat tangan, kemudian disusul dengan anak-anak yang lain, dan semuanya akan diam.

4. Katakan kepada anak-anak menjelang tidur: "Ayo tidur sayang.. besok pagi kan kita sholat subuh", maka perhatian mereka akan selalu ke akhirat. Jangan berkata: "Ayo tidur, besok kan sekolah", akhirnya mereka tidak sholat subuh karena perhatiannya
adalah dunia.

5. Nikmati masa kecil anak-anak sobat, karena waktu akan berlalu sangat cepat. Kepolosan dan kekanak-kanakan mereka tidak akan lama, ia akan menjadi kenangan. Bermainlah bersama mereka, tertawalah bersama mereka, becandalah bersama mereka. Jadilah anak kecil saat bersama mereka, ajarkan mereka dengan cara yang menyenangkan sambil bermain.

6. Tinggalkan HP dan sosmed sobat sesaat dan matikan juga TV. Jika ada teman yang menelpon, katakan: "Maaf saya saat ini aku sedang sibuk mendampingi anak-anak". Semua ini tidak menyebabkan jatuhnya wibawa sobat, atau hilangnya kepribadian sobat. Orang yang bijaksana tahu bagaimana cara menyeimbangkan segala sesuatu dan menguasai
pendidikan anak. Selain itu, jangan lupa berdoa dan memohon kepada Allah, agar anak - anak sobat menjadi perhiasan yang menyenangkan, baik di dunia maupun di akhirat.

Itulah tadi 5 resep mendidik anak dari kriuk. Semoga bermanfaat 

Salam,
#krupukrambakkriuk 
Renyahnya bikin perut kriuk-kriuk 
PIN : 52A1 123B
WA : 0857 1000 1351


No comments:

Post a Comment